Rabu, 26 Oktober 2016

MICROSOFT III

MICROSOFT WORD III
(Beberapa Cara/Trik di Microsoft Word)

1.     Membuat daftar isi secara manual:

a.      Klik dua kali (double klik) pada tanda ruler. Maka akah mucul tanda seperti huruf l

b.     Setelah anda double klik. Maka akan muncul kotak dialog seperti ini. Pilih saja left dan pilih model yang ada titik-titiknya. Seperti yang telah kami tampilkan pada gambar dibawah ini.

c.      Setelah itu buat tanda "l" lagi seperti pada langkah pertama. Maka akan ada dua huruf "l" disana. Double klik pada tanda yang baru. Maka akan muncul kotak dialog seperti yang ada di bawah ini. Kalau kali ini pilih right dan pilih model none.

d.     Setelah langkah ke tiga. Maka tanda huruf "l" nya akan berbalik arah. Kemudian atur posisi keduanya sehingga akan membentuk formasi seperti pada gambar di bawah ini. (lihat tanda merah)

e.      Untuk membuat membuat daftar isi nya otomatis. Mudah saja, sekarang tekan tab pada keyboard. Maka akan muncul titik-titik yang rapi.


2.     Membuar daftar isi secara otomatis:

a.      Pastikan setiap bab/chapter, subbab, dan sub subbab menggunakan "headings" dalam format penulisannya agar lebih terlihat rapih dan terorganisir. Menggunakan heading juga nantinya akan berpengaruh dalam langkah selanjutnya dan menjadi kunci penting dalam membuat daftar isi ini. Cara menggunakan headings:arahkan kursor pada teks yang ingin dijadikan headings, untuk judul chapter  (misal chapter i) kita gunakan heading 1.
b.     Kemudian untuk subbab, kita gunakan heading 2.
c.      Untuk sub subbab kita gunakan heading 3.
d.     Untuk sub dari sub subbab seterusnya gunakan heading 4, atau tidak masalah jika tidak menggunakan heading.
e.      Langkah berikutnya adalah, arahkan kursor ke halaman paling akhir (yang masih kosong) dari file makalah kamu. Gunakan "page layout > breaks > next page" untuk membuat halaman baru pada bagian paling akhir dari file kamu, hal tersebut akan berpengaruh pada tahap berikutnya.
f.       Lalu pilih tab menu references > table of contents > lalu pilih salah satu yang kamu suka. Maka dengan begitu kamu telah selesai membuat sebuah daftar isi.

g.      Tidak selesai sampai disitu. Jika makalah yang kamu buat adalah dalam bahasa indonesia, kamu bisa mengubah judul table if content tersebut menjadi "daftar isi."
h.     Terakhir, dan ini penting, nomor halaman pada halaman daftar isi kamu akan mengikuti/melanjutkan dari halaman sebelumnya.

3.     Membuat tabel:

a.      Klik insert pada menu bar

b.     Memilih insert table di bagian bawah kotak-kotak.

c.      Memilih insert table di bagian bawah kotak-kotak.

d.     Klik ok


4.     Cara membuat dan mengedit smart art

a.      Letakan kursor teks pada tempat atau posisi struktur organanisasi akan disisipkan.

b.     Klik menu ribbon insert

c.      Kemudian klik tombol smart art yang ada pada grup illustrations.


d.     Selanjutnya anda akan diberikan dialog choose a smartart graphic

e.      Pada panel sebelah kiri pilih item hierarchy

f.       Pada panel tengah pilih salah satu bentuk struktur organisasi yang akan anda buat.

g.      Pada panel bagian kanan anda akan melihat preview dan keterangan bentuk struktur organisasi tersebut.

h.     Klik tombol ok untuk menyisipkan smartart ke dalam dokumen anda.


i.       Selanjutnya edit dan ketikan jabatan yang ada dalam struktur organisasi padasmartart yang baru anda sisipkan

j.       Anda bisa memperbesar atau memperkecil tampilan gambar struktur organisasi dengan melakukan drag terhadap pada titik-titik sudut gambar smartart.

k.     Bila anda ingin menambahkan atau mengedit jabatan struktur organisasi menggunakan editor teks sederhana, klik tombol yang ada pada border bagian kirismartart.

l.       Selain untuk membuat struktur organisasi anda juga bisa menggunakan smartart untuk membuat diagram lainnya seperti siklus, piramida, matriks dan lain sebagainya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar