MICROSOFT WORD III
(Beberapa Cara/Trik di Microsoft Word)
1. Membuat daftar isi secara manual:
a. Klik dua kali (double klik) pada tanda ruler.
Maka akah mucul tanda seperti huruf l
b. Setelah anda double klik. Maka akan muncul kotak dialog seperti
ini. Pilih saja left dan
pilih model yang ada titik-titiknya. Seperti yang telah kami tampilkan pada gambar
dibawah ini.
c. Setelah itu buat tanda "l" lagi seperti pada langkah
pertama. Maka akan ada dua huruf "l" disana. Double klik pada tanda
yang baru. Maka akan muncul kotak dialog seperti yang ada di bawah ini. Kalau
kali ini pilih right dan
pilih model none.
d. Setelah langkah ke tiga. Maka tanda huruf
"l" nya akan berbalik arah. Kemudian atur posisi keduanya sehingga
akan membentuk formasi seperti pada gambar di bawah ini. (lihat tanda merah)
e. Untuk membuat membuat daftar isi nya
otomatis. Mudah saja, sekarang tekan tab pada keyboard. Maka akan muncul
titik-titik yang rapi.
2. Membuar daftar isi secara otomatis:
a. Pastikan setiap bab/chapter, subbab, dan sub
subbab menggunakan "headings" dalam format penulisannya agar lebih
terlihat rapih dan terorganisir. Menggunakan heading juga nantinya akan
berpengaruh dalam langkah selanjutnya dan menjadi kunci penting dalam membuat
daftar isi ini. Cara menggunakan headings:arahkan kursor pada teks yang ingin
dijadikan headings, untuk judul chapter (misal chapter i) kita gunakan
heading 1.
b. Kemudian untuk subbab, kita gunakan heading 2.
c. Untuk sub subbab kita gunakan heading 3.
d. Untuk sub dari sub subbab seterusnya gunakan
heading 4, atau tidak masalah jika tidak menggunakan heading.
e. Langkah berikutnya adalah, arahkan kursor ke
halaman paling akhir (yang masih kosong) dari file makalah kamu. Gunakan
"page layout > breaks > next page" untuk membuat halaman baru
pada bagian paling akhir dari file kamu, hal tersebut akan berpengaruh pada
tahap berikutnya.
f. Lalu pilih tab menu references > table of contents > lalu
pilih salah satu yang kamu suka. Maka dengan begitu kamu telah selesai membuat
sebuah daftar isi.
g. Tidak selesai sampai disitu. Jika makalah yang
kamu buat adalah dalam bahasa indonesia, kamu bisa mengubah judul table if
content tersebut menjadi "daftar isi."
h. Terakhir, dan ini penting, nomor halaman pada
halaman daftar isi kamu akan mengikuti/melanjutkan dari halaman sebelumnya.
3. Membuat tabel:
a. Klik insert pada menu bar
b. Memilih insert table di bagian bawah kotak-kotak.
c. Memilih insert table di bagian bawah kotak-kotak.
d. Klik ok
a. Letakan kursor teks pada tempat atau
posisi struktur organanisasi akan disisipkan.
b. Klik menu ribbon insert
c. Kemudian klik tombol smart
art yang ada pada grup illustrations.
d. Selanjutnya anda akan
diberikan dialog choose a smartart graphic
e. Pada panel sebelah kiri pilih
item hierarchy
f. Pada panel tengah pilih salah satu bentuk struktur organisasi yang
akan anda buat.
g. Pada panel bagian kanan anda akan
melihat preview dan
keterangan bentuk struktur organisasi tersebut.
h. Klik tombol ok untuk menyisipkan
smartart ke dalam dokumen anda.
i. Selanjutnya edit dan ketikan jabatan yang ada dalam struktur
organisasi padasmartart yang baru anda sisipkan
j. Anda bisa memperbesar atau memperkecil tampilan gambar struktur
organisasi dengan melakukan drag terhadap pada titik-titik sudut gambar
smartart.
k. Bila anda ingin menambahkan atau mengedit
jabatan struktur organisasi menggunakan editor teks sederhana, klik tombol yang
ada pada border bagian kirismartart.
l. Selain untuk membuat struktur organisasi anda juga bisa
menggunakan smartart untuk membuat diagram lainnya seperti siklus, piramida,
matriks dan lain sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar