INTERNET
I. Pengertian Internet
Internet merupakan
singkatan dari Interconnected Network. Jika di terjemahkan secara langsung
berarti jaringan yang saling terhubung . Internet adalah kumpulan dari computer
yang saling terhubung satu dengan yang lain dalam satu jaringan. Disebut
jaringan yang saling terhubung karena internet menghubungkan computer dan
jaringan
jaringan computer di seluruh dunia menjadi jaringan global. Internet ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).
jaringan computer di seluruh dunia menjadi jaringan global. Internet ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).
Atau dengan kata
lain, definisi internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan
dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan
komputer-komputer diseluruh dunia, melalui telepon, satelit dan sistem-sistem
komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung
bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text,
gambar, audio, video, dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama.
Untuk dapat bertukar informasi, digunakan protocol standar yaitu Transmision
Control Protocol dan internet Protocol yang lebih dikenal sebagai TCP/IP.
II. Sejarah Internet
Internet merupakan
jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di
tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project
Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan
software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak
yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET
merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat
dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal
bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP
(Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk
keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US
Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan
menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila
terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat,
yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET
hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University
of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu
jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada
bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh
daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga
membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu
ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer
dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer
seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal
dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
III. Perangkat Untuk Mengakses Internet
Perangkat untuk
mengakses internet ada 2 , yaitu perangkat keras atau hardware dan perangkat
lunak atau software.
A. Perangkat
Keras
1. Perangkat Komputer
Perangkat
komputer atau PC adalah hal utama yang harus kita miliki. PC sendiri bisa juga
digantikan dengan laptop atau netbook. Perangkat inilah yang nanti kita gunakan
untuk menjelajah atau berselancar di dunia maya. Oleh karena itu, untuk kenyamanan
dalam menjelajah internet, komputer yang kita gunakan harus punya spek yang
bagus.
2. Modem
Modem
adalah alat yang digunakan mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa
(carrier) dan siap untuk dikirimkan, dan memisahkan sinyal informasi (yang
berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi
tersebut dapat diterima dengan baik. Modem sendiri banyak sekali jenisnya, ada
modem internal dan exsternal.
3. Jaringan Telphon Kabel
Jaringan
telphon adalah hal penting yang harus kita miliki untuk mendapatkan koneksi
internet. Karena ini adalah media yang akan menghubungkan antara perangkat
komputer kita dengan jaringan internet di dunia. Tetapi sekarang untuk
menikmati internet di rumah bisa juga tanpa menggunakan jaringan telephone.
4. Kartu Jaringan
Kartu
jaringan atau LAN Card yaitu perangkat yang harus ada dalam komputer kita.
Kartu jaringan dipasang di komputer apabila kita ingin komputer kita terhubung
dengan komputer lain dalam sebuah jaringan local (LAN). Kartu jaringan
memungkinkan sebuah komputer berkomunikasi dengan komputer yang lain.
5. Switch
Switch
adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan banyak komputer dalam satu
jaringan kabel. Dengan alat ini, jaringan internet dari modem bisa kita sebar
atau kita gunakan ke banyak PC atau komputer. Biasanya digunakan di warnet atau
instalasi jaringan di perkantoran dengan jumlah PC yang banyak.
6. Bridge
Bridge adalah
sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan dua buah jaringan secara
fisik yang menggunakan protocol sama atau sejenis. Dengan peragkat ini, maka
sebuah paket data mampu dikirim dari satu LAN ke LAN lain. Sangat membantu
ketika kita memiliki 2 PC.
7. Router
Router
merupakan perangkat yang berfungsi hampir sama dengan bridge. Namun perangkat
ini punya keunggulan selain untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe sama,
router juga bisa untuk menghubungkjan dua buah LAN dengan tipe berbeda.
B. Perangkat
Lunak
1. INTERNET EXPLORER
Internet explorer
merupakan browser bawaan dari sistem operasi Windows. Saat ini, Internet
explorer sudah mengeluarkan berbagai versi.
2. MOZILLA FIREFOX
Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix
dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah
web antarplatform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan
sukarelawan.
3. GOOGLE CHROME
Google
Chrome adalah sebuah penjelajah web sumber terbuka yang dikembangkan oleh
Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya
sendiri dinamakan Chromium. Versi beta untuk Microsoft Windows diluncurkan pada
2 September 2008 dalam 43 bahasa. Google Chrome adalah browser yang dibuat
dengan desain praktis agar Anda dapat mengakses Web dengan lebih cepat, mudah,
dan aman.
4. SKYPE
Skype adalah
sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini
merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan
penyediaan sarana komunikasi suara (voice) atau video berkualitas tinggi yang
murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia.
Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis,
menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan
dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara.
5. YAHOO MESSENGER
Yahoo! Messenger (sering
disingkat “Y!M” atau “YM”) merupakan program pengirim pesan instan populer yang
disediakan oleh Yahoo!. Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat
diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk
mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini
juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah
e-mail.
6. SOFTWARE MAIL
Software
Mail merupakan suatu software/ perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan
proses berkirim surat elektronik/ elektronik mail (e-mail), antara lain Outlook
Express/ Internet Mail dan Netscape Mail.
IV. 4. Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Internet
1. UNIT KOMPUTER
Komputer sangat berperan
dalam kecepatan akses, karena didalamnya terdapat harddisk, RAM, processor.
Bila harddisk berkecepatan endah, maka kecepatan akses pun ikut rendah. Begitu
pula RAM danprocessor.
2. MODEM
Modem punya kecepatan yang berbeda-beda. modem yang sering digunakan berkecepatan 56 kbps.
3. JARINGAN KOMUNIKASI UNTUK AKSES INTERNET
Untuk akses internet
kita bisa gunakan line telepon, CDMA, GPRS, & Satelit. Yang masing-masing
punya kecepatan berbeda dan danyang paling rendah adalah line telepon.
4. BESAR BANDWITCH
Bandwitch adalah luas/ lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi.
Bandwitch adalah luas/ lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi.
5. Jumlah Pengguna yang mengakses server bersamaan
Akses internet padajam-jam tertentu kadang sangat lamban, dikarenakan penggunaan internet secara bersamaan.
Akses internet padajam-jam tertentu kadang sangat lamban, dikarenakan penggunaan internet secara bersamaan.
V. Keuntungan Dan Kerugian Penggunaan Internet
A. Keuntungan
Ada banyak sekali
keuntungan mengenal dan menggunakan internet, di antaranya :
a. Sebagai
Alat Komunikasi
Dengan internet kita
dapat berkomunikasi dengan siapa saja tanpa batasan geografis, missal, email,
chatting, jejaring social , transfer data dll.
b. Alat Searching ( Pencarian )
Kita dapat menemukan
informasi ataupun segala sesuatu yang kita cari di mesin pencarian cepat,
dengan memasukan kata kunci tertentu.
c. Tempat Belanja Online
Jika kita mencari
barang di sekitar tempat tinggal kita susah, maka kita dapat mencari nya di
situs situs tempat belanja online.
d. Media Hiburan
Di dalam internet
terdapat banyak layanan untuk mendownload salah satunya adalah mendonwload
permainan, ada bnyak permainan yang dapat kita download sesuka hati kita.
e. Tempat belajar Online
Dengan internet kita
bisa mencari bahan belajar ataupun sharing pelajaran dengan teman Jarak Jauh, .
f. Layanan
Internet banyak
menyediakan layanan guna mempermudah dan memanjakan penggunanya seperti
E-Bangking, pemesanan tiket dll.
Selain keuntungan di atas, masih banyak lagi
keuntungan yang kita peroleh dari internet.
B. Kerugian
Internet
Sekalipun banyak
keuntungan yang kita peroleh dari internet, bukan berarti internet tidak mempunyai
kerugian, diantaranya :
a. Hacking
Usaha memasuki sebuah
jaringan dengan maksud mengeksplorasi ataupun mencari kelemahan sistem jaringan
b. Pornografi
Dalam internet
terdapat banyak situs porno yang dapat dengan mudah di masuki atau di akses oleh
anak di bawah umur, hal ini tentu sangat bepengaruh buruk bagi pribadi maupun
orang lain.
c. Penipuan
Dibutuhkan kejelian
dalam menggunakan internet, khususnya dalam bidang bisnis, karna sekarang
banyak sekali bentuk penipuan dengan menggunakan jebakan jebakan kepada
pengguna intenet.
d. Ancaman Virus
e. Keasyikan chatting atau mengobrol dengan teman
melalui jejaring social sehingga lupa waktu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar